Rabu, 26 April 2017

Makalah Tentang Penderitaan dan Kesusahan

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti pernah merasakan penderitaan. Baik itu ringan atau berat. Hidup tidaklah selalu bahagia tuhan memiliki caranya sendiri untuk mengukursebarapa kuat iman kepadanya. Hidup di duniapun tidak selalu menderita, sedih, ataupun susah. Terkadang saat manusia terlalu terbuai dengan kesenangan duniawi manusia akan melupakan batasan-batasan yang ada sehingga tuhan akan memberikan cobaan untuknya yang membuatnya menderita. Penderitaan selalu datang tak terduga, manusia takkan pernah tau kapan , jam berapa, menit keberapa, dan detik keberapa penderitaan akan datang menghampiri hidupnya. Manusia hanya perlu menjalani hidupnya dengan sebaik baiknya dengan aturan yang berlaku dan sesuai kepercayaan yang ia anut.

 

1.2 Rumusan Masalah     
Adapun masalah-masalah yang akan dibahas :                
1. Apakah Pengertian penderitaan ?
2. Bagaimana Penderitaan dapat Mempengaruhi Manusia Menjadi Lebih Baik ?      
3. Berikan Pendapat Penderitaan dan Kesusahan            ?
4. Peranan Penderitaan bagi Sendiri ?

1.3 Tujuan
1. Untuk memahami pengertian dari penderitaan

BAB II PEMBAHASAN

 

2.1 Manusia dengan Penderitaan

 

Penderitaan adalah bahasa yang sering kita dengar. Penderitaan berasal  dari kata derita.Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. penderitaan bisa bersifat lahir dan bersifat batin. Setiap manusia memiliki penderitaan yang berbeda –beda. Manusia dikatakan menderita apa bila dia memiliki masalah, depresi karena tekanan hidup, dan lain lain.

            Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat.  Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara.

            Menurut agama penderitaan itu adalah teguran dari tuhan. Penderitaan ada yang ringan dan berat contoh penderitaan yang ringan adalah ketika seseorang mengalami kegagalan dalam menggapai keinginannya. Sedangkan contoh dari penderitaan berat adalah ketika seorang manusia mengalami kejadian pahit dalam hidupnya hingga ia merasa tertekan jiwanya sampai terkadang Ingin mengakhiri hidupnya.

            Penderitaan adalah termasuk realitas manusia di dunia. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan.Suatu pristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Penderitaan adalah bagian dari kehidupan.

 

2.2 Studi Kasus Bagaimana Penderitaan dapat Mempengaruhi Manusia Menjadi Lebih Baik

Pengaruh Penderitaan Dapat berupa kekecewaan, duka, kesedihan, kekacauan hati dan fikiran. Pengaruh penderitaan juga dapat berupa perubaahn pola berfikir seseorang, perubahan tingkah laku, serta pandangan hidup seseorang. Tidak dapat dipungkiri jika suatu penderitaan yang di alami oleh setiap orang, masih banyak yang berpandangan bahwa penderitaan hanya membawa dampak buruk atau pengaruh buruk bagi mereka. Tanpa disadari jika mereka berusaha berfikir dan menggali makna dari penderitaan tersebut sebenarnya memiliki suatu arti berupa pelajaran bagi setiap individu tersebut.

Penderitaan dan Perjuangan. Penderitaan pasti di alami oleh setiap individu. Namun, jika individu tersebut tidak mencoba berjuang untuk bangkit dari keterpurukan, hanya depresi dan kekalutan yang akan terus dirasakan. Salah satu cara untuk terlepas dari keterpurukan adalah dengan cara berjuang melewati keterpurukan tersebut. Tetapi, ingin berjuang untuk bangkit dari keterpurukan atau tidak, itu tergantung dari setiap individu itu sendiri yang mengalami penderitaan tersebut.

Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, selelu berfikir positif, dan tetap bersemangat menjalani kehidupan, merupakan contoh-contoh tindakan untuk terlepas dari hal-hal atau dampak suatu penderitaan. Walaupun tidak mudah untuk bangkit dari penderitaan, namun jika terus berjuang, terus mencoba untuk bangkit pasti akan dapat terlepas dari dampak penderitaan tersebut.

Contoh yang paling mudah atau sering dialami oleh manusia ialah penderitaan ketika tidak dapat atau susah mencari pekerjaan, sehingga manusia tersebut menjadi depresi dan cenderung putus asa dan bahkan sampa memilih untuk bunuh diri. Namun apabila kita melihat hal tersebut, manusia dapat mengambil hikmah dari penderitaan tersebut, penderitaan tersebut dapat dibuat menjadi bagaimana manusia dapat menjadi lebih baik lagi tatkala belum dapat pekerjaan, dan pada saat mendapat pekerjaan, manusia tersebut sudah memiliki keahlian yang mumpuni di bidang yang manusia inginkan di zaman modern saat ini.

 

2.3 Pendapat untuk Kesusahan, apakah Penderitaan dan Kesusahan sama atau berbeda

 

Pendapat saya untuk kesusahan yaitu bahwa kesusahan merupakan bentuk hasil dari rasa takut dan malas. Takut akan memulai sesuatu yang mengharuskan seseorang keluar dari zona nyaman. Lalu rasa malas,malas untuk mengerjakan yang mampu meningkatkan kemampuan seseorang, sehingga ketika orang tersebut dihadapkan oleh suatu kasus, maka orang tersebut akan mengalami kesusahan untuk mengerjakannya.

            Apakah kesusahan sama dengan penderitaan? Menurut saya kesusahan dengan penderitaan suatu hal yang berbeda, karena kesusahan ialah hal yang timbul dari diri sendiri yang tidak menginginkanperubahan atau orang tersebut tidak ada usaha untuk membuat suatu perubahan. Sedangkan penderitaan sendiri ialah timbul atas suatu kondisi tertentu yang dialami oleh manusia. Bisa jadi ketika manusia sudah  berusaha semaksimal mungkin, tetapi penderitaan akan nasib nya menjadi manusia tersebut menderita. Sebagai contoh ketika seoran pengendara motor yang akhirnya harus salah satu kaki nya harus diamputasi karena kecelakaan, padahal dari cerita saksi bahwa pengendara motor tersebut berjalan dipinggir dan pelan, namun nasib berkata lain, terdapat mobil melaju kencang sehingga menabrak sang pengendara motor hingga mobil tersebut melindas salah satu kaki pengendara motor. Dari contoh tersebut, ini merupakan penderitaan yang ditimbulkan oleh nasib.

 

2.4 Peranan Penderitaan Bagi Diri Sendiri

 

Peranan penderitaan bagi diri sendiri yaitu menjadi pengalaman hidup yang nantinya akan dijadikan sebagai tolak ukur sejauh mana kita sebagai manusia mampu tabah dan sabar menghadapi penderitaan yang dialami. Karena tidak ada penderitaan yang bersifat abadi atau selamanya, setiap penderitaan akan selalu berkahir dengan indah dan manis kala kita sebagai manusia menghadapi nya. Dalam menghadapi penderitaan butuh banyak sekali perjuangan dan support dari orang-orang terdekat kita agar kita tidak jatuh terpuruk ketika penderitaan mencapai puncaknya.

 

SUMBER :

https://rrachman.wordpress.com/2013/10/15/ibd-manusia-dan-penderitaan/

https://rizkafarhati.wordpress.com/2013/01/25/ringkasan-materi-ibd-manusia-dan-kebudayaan/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar